GUNUNG SEMERU 3D2N

JOURNEY TO SEMERU MOUNTAIN – 3676 MDPL
(3D2N)
Start from Rp.950.000/pax 




Day 1 (-/L/D):
MALANG – TUMPANG - RANUPANI – RANU KUMBOLO
Penjemputan peserta di Stasiun / Terminal / Bandara kota Malang, pada pukul 07.00 (maksimal 07.30). Langsung menuju Basecamp Tumpang, untuk beralih kendaraan menggunakan Jip/Hardtop yang telah menunggu. Sembari peralatan yang dibawa disiapkan diatas jip/hardtop, peserta dapat menunggu sambil makan pagi ataupun berbelanja kebutuhan pribadi selama pendakian.
Perjalanan berlanjut menuju Desa Ranupani (2100 mdpl). Desa yang berada di kaki Gunung Semeru. Kurang lebih memakan waktu berkendara 2 jam perjalanan. Peserta dapat melihat bentang alam yang berada di kawasan menuju Ranupani.
Tiba di Desa Ranupani, peserta langsung diarahkan untuk mengikuti briefing dari pihak Taman Nasional, untuk pengecekan kesiapan dalam pendakian serta pembekalan di dalam mendaki Gunung Semeru. Usai briefing peserta diajak untuk santap siang terlebih dahulu di lokal restoran. Kembali sembari mengecek perbekalan yang akan dibawa.
Usai makan siang, peserta memulai perjalanan menuju perhentian pertama, yaitu Ranu Kumbolo (2400 mdpl), kurang lebih pendakian santai menuju Ranu Kumbolo, adalah 4-6 jam dengan berjalan. Di tengah perjalanan peserta akan melewati 4 pos / shelter. Dan, peserta dapat juga mengamati kondisi alam Gunung Semeru. Peserta dapat menikmati sensasi sejuknya suasana hutan yang dilewati.
Tiba di Ranu Kumbolo, peserta dapat menikmati suasana sore hari di danau yang berada di ketinggian 2400 meter diatas permukaan laut. Tenda peserta pun sudah berdiri tegak, peserta pun juga dapat berisitirahat sejenak. Malam hari pun tiba, peserta disediakan santap malam, yang telah disiapkan oleh tim dari Bonaventura. Peserta dapat menikmati santap malam dengan bersenda gurau, dan berbagi pengalaman selama perjalanan. Sembari disediakan teh maupun kopi, menemani perbincangan.
Puas berbincang dan kenyang makan malam, peserta dipersilahkan tidur, untuk memulihkan tenaga selama seharian berjalan.



Day 2 (B/L/D):
RANU KUMBOLO – TANJAKAN CINTA - CEMARA KANDANG – JAMBANGAN - KALIMATI
Pagi hari peserta dapat melihat sunrise dari Ranu Kumbolo, tepat membuka tenda langsung memandang fajar menyingsing. Sembari melakukan pelemasan otot di pagi hari, peserta juga disediakan santapan pagi dari tim Bonaventura. Sesaat sebelum melanjutkan perjalanan menuju Kalimati. Usai makan pagi, peserta berkemas, dan melanjutkan perjalanan kembali. Peserta akan mendapati sebuah tanjakan, yang memisahkan areal Ranu Kumbolo dengan areal Cemara Kandang, Namun, sebelumnya peserta akan menapaki Tanjakan Cinta, yang konon ceritanya dan banyak diyakini oleh para pendaki, bila kita mendaki tanjakan ini, dengan atau tanpa pasangan, serta kita menyebutkan nama pasangan kita dalam hati atau meyakini pasangan kita akan bersama selalu. Dan, juga dengan tidak menoleh kebelakang namun memandang lurus ke depan/atas. Niscaya harapan bersama dengan pasangan akan terkabul.
Sesudah melewati Tanjakan Cinta, peserta dihadiahkan dengan hamparan sabana luas, yaitu Oro-oro Ombo, dimana terdapat ilalang yang tinggi-tinggi seukuran manusia normal, jalanan yang dilalui pun datar. Hingga memasuki area Cemara Kandang. Perjalanan yang penuh dengan pohon cemara ini, akan membawa peserta menuju area Jambangan yang banyak dijumpai tanaman edelweiss/bunga abadi. Selanjutnya tibalah pada Kalimati, pos terakhir sebelum memulai pendakian puncak Mahameru.
Tiba di Kalimati, peserta sudah ditunggu oleh tim dari Bonaventura untuk makan siang, dan melepas lelah. Peserta dipersilahkan istirahat, dan menikmati suasana Kalimati, peserta dapat juga melihat langsung Puncak Mahameru dari dekat. Malam hari tiba, peserta disediakan makan malam, usai makan peserta diperkenankan untuk tidur, sebelum pendakian.
Pukul 23.00, peserta dibangunkan dan diminta untuk bersiap memulai pendakian ke puncak. Sembari peserta menikmati sereal dan minuman hangat yang disediakan. Tepat pukul 24.00, peserta melakukan pendakian ke puncak.


Day 3 (B/L/D):
KALIMATI – MAHAMERU – KALIMATI – RANU KUMBOLO – RANUPANI – TUMPANG - MALANG
Sekitar pukul 05.00, peserta sudah berada di Puncak Mahameru (3676 mdpl), estimasi waktu normal, tergantung kondisi fisik peserta. Menikmati matahari terbit dari atas puncak, dan mengabadikan momen indah di puncak. Puas menikmati indahnya alam dari atas puncak, sekitar pukul 07.00, peserta diajak untuk turun. Tiba di Kalimati, peserta telah disiapkan makan pagi oleh tim. Sejenak beristirahat, sebelum melanjutkan perjalanan turun menuju Ranupani.
Di tengah perjalanan turun, tiba di Ranu Kumbolo, peserta diajak untuk makan siang terlebih dahulu. Baru kemudian peserta melanjutkan perjalanan menuju Desa Ranupani. Sore hari tiba peserta dapat melepas lelah terlebih dahulu, sembari membersihkan badan, tak lupa berbelanja souvenir Gunung Semeru. Dan, peserta dipersilahkan untuk makan malam, sebelum menuruni desa, menuju basecamp Tumpang. Tiba di Basecamp Tumpang, peserta lalu diantar menuju titik kumpul awal di kota Malang. Dan, trip pun selesai, sampai bertemu diperjalanan selanjutnya.



PRICE PACKAGE:
PAX
2-3 PAX
4-6 PAX
7-9 PAX
10-12 PAX
13-15 PAX
16-20 PAX
HARGA
Rp.2.500.000
Rp.1.800.000
Rp.1.500.000
Rp.1.250.000
Rp.975.000
Rp.950.000

  
Include:
  •                  Transport Malang – Tumpang (PP)
  •           Jip/Hardtop Tumpang – Ranupani (PP)
  •           Makan 8x selama program
  •           Tiket Masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
  •           Guide (APGI)
  •           Porter Logistik
  •           Tenda Kelompok
  •           Souvenir
  •           Dokumentasi
  •           Asuransi Perjalanan


Exclude:
  • -          Tipping Guide dan Porter
  •        Pengeluaran pribadi (oleh-oleh, pulsa, laundry, mini bar, dll)
  •        Tiket dari dan menuju Malang

2 komentar:

  1. Bulan april apa sudah dibuka pendakian, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh informasi yang didapat, belum ada rekomendasi dari Balai Besar TNBTS, untuk pembukan pendakian di Gunung Semeru.

      Hapus

Pages